Kamis, 23 Mei 2019

Tugas Pesan Kesan: Terima Kasih, dan Mohon Maaf


Selama mengikuti On PIT-6 ini sungguh luar biasa tidak hanya menguras tenaga, pikiran dan waktu tetapi juga menguras data, tapi tidak masalah itu bukan ukuran utama karena yang diperoleh jauh lebih bermakna dan bermanfaat, pengetahuan tentang blog dan pengalamannya meng-utak-atik-nya. Dan yang luar biasa lagi Bapak M. Subakri, bileu ini tidak bosan memotivasi dan memberikan tugas serta melayani pertanyaan padahal diatas jam 21.00, kalau normalnya itu sudah waktu istirahat, tapi luar biasa Pak M. Subakri dan panitia, terima kasih, jazakallahu khoiron katsiiron.
Sejak hari pertama On-1 PIT-6 ini mula mula saya tidak paham harus bagaimana dan seolah acuh tak acuh dengan tugas tersebut, namun setelah berupaya buka laptop dan mulai mengerjakan asyik juga melaksanakan tugas tersebut seolah ketagihan walaupun tidak bagus dan tidak bermutu dibanding punya teman teman, ketika selesai dan melaporkan tugas done ada kepuasan tersendiri, tambah lagi ketika melihat teman teman yang lain sudah pada selesai mengerjakan tugas, waduh rasanya bodoh sekali karena belum bisa mengerjakan tugas. 
Orientasi mendapatkan sertifikat workshop setelah mengikuti itu seolah terlupakan karena dalam pikiran hanya fokus bagaimana dapat melaksanakan tugas dan melaporkan. Mudah mudahan kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan karena terus terang saja untuk belajar sendiri tanpa ada pemandu terkadang lebih mementingkan keperluan lain, namun dengan seperti ini tidak ada yang lebih penting kecuali mengerjakan tugas dan selesai serta melaporkan.
Untuk mendukung pemebelajaran berbasis elektronik ini bagi sekolah yang berada didalam kota cukup support karena siswa rerata memiliki android dan laptop bila sewaktu-waktu pembelajaran didesain berbasis IT. Hanya saja guru membutuhkan waktu yang cukup juga untuk mempersiapkannya. Nah inilah sebuah kendala, alih alih mempersiapkan hal semacam ini kenyataan hanya sebatas angan angan sehingga pembelajaran kembali konvensional paling agak baikan meminta siswa berkelompok dan berbasis kertas, entah membuat skema, diagram, urutan atau buku lipat kecil. Ini apriori, dengan menulis apriori ini mudah mudahan termotivasi sehingga pembelajaran berbasis “e” ini menjadi kenyataan. On PIT-6 sungguh berkesan dan berpeluh peluh…. Mudah mudah berfungsi guna dan penuh manfaat…aamiin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar