Minggu, 19 Mei 2019

Tugas 5 : SISWA SKODSA BEREBUT LAILATUL QODAR

Ramadhan adalah salah satu bulan yang dimuliakan Allah swt, tercermin dari berkah Allah swt yang bertebaran didalamnya. Tidak ketinggalan siswa skodsa juga ingin meraih berkah dengan mengisi bulan mulia ini melalui berbagai kegiatan seperti mengisi malam bulan ramadhan dengan sholat isya berjamaah, sholat tarwih dan sholat witir di Masjid Manarul Ilmi SMPN 1 Sukodono. Secara terjadwal siswa datang bergantian ke masjid sekolah untuk sholat isya, tarawih witir, tentunya didampingi bapak ibu wali kelas. Setiap malam ada 4 sampai 5 kelas untuk menunaikan ibadah malam di bulan ramadhan. 
Disamping itu Bapak Ibu guru dan juga wali murid ada yang shodaqoh takzil untuk  menambah mereka semangat datang kemudian dibagikan usai melaksanakan ibadah wajib dan sunah tersebut. Bagi siswa yang bertempat tinggal radius 1 Km dari sekolah bisa tetap di masjid untuk dilanjutkan tadarus namun bagi yang lain bisa pulang keruah masing masing. Ada juga sambil menunggu dijemput mereka eksis turut serta tadarus. Untuk kegiatan ini dikomandani oleh ibu Uswatun Khasanah satu satunya GPAI perempuan di SMPN 1 Sukodono dibantu Bapak Ruba’i.
Sementara kegiatan lain melengkapi kegitan bulan ramadhan yang dipelopori Bapak Kharisma Wahyuatamadja, S.Pd. berbagi takzil menjelang buka puasa yang diberikan kepada masyarakat yang kebetulan melintasi lampu merah depan SMP Negeri 1 Sukodono sebagai media peduli sosial yang dilakukan oleh siswa OSIS, Remas, Pramuka dan pastinya mereka yang tergabung dalam ekstrakurikuler olahraga. Mereka antusias berbagi dengen penuh keikhlasan.
Bersamaan dengan itu ada juga kegiatan penghimpunan zakat fitrah. Hal ini dilakukan untuk menghimpun siswa yang hendak menunaikan ibadah zakat fitrahnya di sekolah. Penghimpunan ini dimotori panitia penghimpun zakat fitrah yang melibatkan berbagai unsur mulai dari siswa dan guru. Pada akhir kegiatan sekolah di bulan ramadhan, zakat fitrah yang sudah terkumpul tersebut dibagikan kepada mustahiq (orang yang berhak menerima zakat) disekitar sekolah dan pastinya siswa kurang mampu atau siswa yang masuk kategori mustahiq yang menjadi sasaran pemberian paket zakat. Mustahiq zakat itu berdasarkan Q.S. At taubah ayat 60 ada 8 yaitu; fakir, miskin, amil, ghorim; orang memiliki hutang untuk kepentingan agama Allah swt, muallaf yaitu orang yang baru memasuki agama islam, riqob yaitu hamba sahaya atau budak, sabilillah yaitu orang yang berjuang dijalan Allah swt, dan ibnu sabil yaitu orang yang melakukan perjalanan untuk syiar agama Islam.
Minggu terakhir sekolah tepatnya setalah pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun bersamaan dengan hari efektif fakultatif diisi dengan kegiatan pondok ramadhan. Pondok ramadhan ini dimotori oleh Bapak Mualana Malik, S,Pd.I. tujuan diadakan pondok ramadhan selain meningkatkan kualitas iman dan takwa sebagai sarana pembentukan akhlakul karimah bagi siswa tetapi juga sebagai wadah pengembangan pengetahuan siswa tentang agama islam karena didalamnya diajarkan membaca al Qur’an, tajwid, diajarkan fiqih untuk bekal keseharian ibadah siswa dan lain-lain.
Berbagai kegiatan di bulan ramadhan tersebut tidak lain sebagai upaya meraih keutamaan seribu bulan khususnya siswa SMPN 1 Sukodono melalui habuluminanas dan habluminallah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar