Selasa, 21 Mei 2019

Tugas 6: Makanan Halal dan Baik Menu Sahur dan Buka Puasa



 
“Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah nikmat Allah, jika kamu hanya menyembah ke-pada-Nya.” (Q.S. An-Nahl ayat 114).
Berdasarkan ayat tersebut mengkonsumsi makanan yang halal dan baik merupakan perintah, karena setiap makanan yang masuk kedalam tubuh kita akan menjadi energi sebagai modal kekuatan mampunya setiap diri bergerak. Bila yang masuk kedalam tubuh kita makanan atau minuman yang tidak halal mungkin saja kita akan sama kuatnya dengan yang lainnya tetapi lambat laun kekutan kita akan mendorong kepada sesuatu yang kurang baik, kalaupun masih dapat mengendalikan bisa saja Allah swt menguji kita dengan membersihkan dengan cara sakit atau ujian lainnya. Hal ini tidak kita sadari bahwa salah satu penyebabnya adalah memankan makanan yang tidak halal. Terlebih apabila makanan yang kita konsumsi itu tidak baik baik menurut syar’I maupun menurut kesehatan. Bisa jadi akan membuat tubuh kita semakin rapuh dihadapan Allah swt.
Momen ramadhan adalah kesempatan kita membersihkan diri sekaligus mendekatkan diri kepada Allah swt, alangkah meruginya kita apabila pada bulan yang dinanti ini mengotori tubuh kita dengan makan minuman yang tidak halal dan tidak baik.
Adapun makanan yang halal dan baik ketika kita konsumsi pada saat sahur maupun buka ada dua hal yang perlu kita perhatikan. Pertama, halal dan baik cara memperolehnya. Hal ini menysaratkan kita untuk berupaya ikhtiar yang halal sehingga memperoleh sesuatu yang baik, misalnya berprofesi menjadi guru di sekolah, menjadi ustadz di masjid atau di mushola, menjadi pekerja bangunan, petani, nelayan atau profesi lain yang dapat dilakukan atau mungkin mejadi youtuber atau vloger. Kedua, Halal dan baik dzat dari makanan itu, misalnya kita makan sahur ada nasi, air, kurma dan lain lain. tetapi semua itu kita peroleh dari mencuri maka niscaya ibadah kita akan diterima Allah swt sebagai amalan sholeh. Terlebih bila kita makan atau minum pada saat buka mengkonsumsi yang diharamkan Allah swt.
Makanan minuman yang kita konsumsi halalpun terkadang bila kita kurang selektif dalam menentukannya dapat menyebabkan sakit misalnya buka diawali dengan minum es, pedas berlebih, makanan fastfood, sebaiknya kita hindari supaya dapat menjalankan ibadah puasa dengan badan tetap sehat dan bugar. tips lain yang bisa dijadikan referensi bisa lihat halaman berikut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar